Sekilat Info

Selasa, 13 Oktober 2015

Cara Instalasi Windows dari Flashdisk

Hari ini kita akan belajar cara install OS (Operating System) yang akan saya gunakan adalah windows 7 32bit dengan menggunakan flashdisk, soalnya tidak semua orang mempunyai DVDROM atau sejenisnya, makanya hari ini kita akan bahas menggunakan USB Flashdisk.

Tanpa basa basi dan ngalor ngidul kita mulai saja, peralatan yang di butuhkan dalam pokok bahasan kali ini adalah :

1. Windows 7 32 bit (bisa berbentuk ISO file) kalian bisa download dimana saja (Tanya Mbah Google)
2. Flashdisk (merk terserah, minimal 4Gb)
3. Aplikasi WinToFlash versi terbaru atau lama sama saja gimana enaknya.

Setelah semuanya lengkap jalankan wintoflashnya kemudian Saat Pertama kali dijalankan, Ada konfirmasi Persetujuan, ("I Accept") kemudian Next- Next sampai Muncul Tampilan "Windows Setup Transfer Wizard".

Gbr. 1



Windows Setup Transfer Wizard, Pilih Tab Advanced Mode, 

Gbr. 2


Kemudian untuk Windows 7 PilihTransfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB drive, Kemudian klik Create. (Untuk Windows XP Pilih Transfer Windows XP/2003 setup to USB drive).

Gbr. 3

Pilih drive Sumber Windows (Biasanya kepingan CD/DVD Windows atau ISO file, khusus untuk file berbentuk ISO pake wintoflash versi terbaru) dan drive flashdisk yang akan ditransfer.

Gbr. 4
Posisi DVD Windows 7 bisa di drive mana saja, biasanya (E:), kebetulan punya saya di drive H
Disini Posisi Flash disk bisa di drive mana saja, kebetulan punya saya di drive I

Gbr. 5

Klik Run, Dan tunggulah beberapa menit sampai proses transfer selesai, biasanya sekitar 5-15 menit, tergantung kecepatan komputernya. Jika telah selesai di exit saja, dan Flashdisk sudah terinstal Windows dan dapat digunakan.

Apabila semua sudah selesai mari kita mulai untuk instalasi windows :

1. Masukan Flash disk Ke Laptop/Netbook/Komputer sebelum dinyalakan.
2. Nyalakan Laptop/PC, kemudian masuk ke BIOS Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop lain, mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadang F10).



Gbr. 6

Tampilan Menu Bermacam-macam tergantung Merk Laptop / PC

Gbr. 7

3. Cari Tab Boot di Menu atas dan Pilih setting Boot Pertama ke USB Flashdisk - cara pengaturannya biasanya ada disebelah kanan Menu (biasanya dengan menekan Page Up/Page Down atau tombol +/-), kemudian Pilih Tab Exit dan Save (Yes), maka Laptop akan segera Restart. Kebetulan punya saya memakai USB Merk SanDisk Cruzer.

Gbr. 8

4. Pada Langkah ini Instalasi Windows otomatis akan berjalan seperti biasa sebagaimana instalasi menggunakan DVD installer.

Gbr. 9

5. Jika Instalasi Windows ("Expanding Windows files") telah selesai, Kemudian akan Restart, dan pada saat itu Cabutlah Flash disk untuk menghindari pengulangan Setup Windows 7, Kemudian Windows akan berjalan dengan sendirinya untuk Instalasi Lanjutan ("Finalizing Installation").

Gbr. 10

Wajib Cabut Flashdisk setelah ini (Restart Otomatis - Cabut Flash disk manual)

6. Setelah Restart, Windows akan melanjutkan instalasinya (Finalizing Installation) secara otomatis.
7. Setelah Restart yang kedua kalinya, maka Anda akan menemukan bahwa Proses Instalasi Windows 7 Dengan Flash disk telah Sukses.

Gbr. 11

Semoga membantu dan terima kasih sudah berkunjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bitcoin Indonesia Bitcoin Indonesia

Bitcoin Indonesia

Post Top Ad

Your Ad Spot